Rabu, 17 April 2013

Debate In a Professional Manner

Sangatlah umum bahwa kita semua sering terjebak dalam perdebatan. Sehingga sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara menangani perdebatan dengan baik. Bila perdebatan berujung pada pertengkaran, pasti kedua belah pihak akan menyesal dan merasa tidak enak didalam hati seharian. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengapa kita berdebat? Setiap individu yang berbeda memiliki opini dan persepsi yang unik dan berbeda tentang sesuatu. Terkadang persepsi tersebut dilihat secara objektif sedangkan individu yang lain memiliki persepsi terhadap hal yang sama secara subjektif. Akan tetapi sangat penting untuk dicatat bahwa perdebatan adalah sangatlah relatif dan individu yang berdebat secara taktis hampir selalu memenangkan perdebatan.


Mendengarkan Lawan Debat
Memperhatikan apa yang dikatakan oleh lawan debat merupakan langkah yang sangat penting dalam menangani perdebatan dengan baik. Hindari interupsi ketika orang lain mengutarakan dan menjabarkan pendapat dan persepsinya. Ketika orang sedang berdebat, mereka cenderung menjadi tidak rasional dan tidak jelas dan sangat penting anda berusaha untuk mendapatkan hal aktual yang berusaha mereka sampaikan. Sadari bahwa anda berdua mungkin tidak akan pernah mencapai kesepakatan atas permasalahan yang ada juga sangatlah penting.

Menawarkan Solusi
Setelah mendengar pendapat orang lain, langkah pertama adalah berusaha untuk membuat situasi lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mencoba menawarkan solusi pada permasalahan yang diutarakan oleh orang tersebut. Jika apa yang anda lakukan atau katakan yang menyebabkan perdebatan itu terjadi, dan perlu menghentikannya. Sangatlah penting untuk mengendalikan diri kita sendiri dan situasi di sekitar kita membantu untuk mengurangi perdebatan dalam hidup kita. Buatlah kesepatakan dengan pihak lain untuk membuat sesuatu lebih baik lagi dan pastikan anda tidak hanya basa basi. Jangan mengatakan anda setuju hanya karena anda ingin meredakan situasi.

Hindari Berteriak atau Meninggikan Nada Suara
Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat orang ialah berteriak ketika sedang berdebat. Orang-orang merasa sangat sulit untuk mengendalikan emosi mereka dan mengeluarkan emosinya dengan cara berteriak. Hal ini hanya akan membuat perdebatan semakin panas daripada menyelesaikan perdebatan tersebut. Hindari berteriak pada saat anda berdebat meskipun lawan debat anda berteriak kepada anda karena dengan cara begitu, akhirnya dia akan berhenti berteriak. Berteriak akan membuat situasi tidak terkendali sehingga anda perlu menghindarinya pada saat berdebat.

Perhatikan Pertanyaan yang Diajukan
Banyak orang cenderung mengabaikan pertanyaan yang diajukan dalam perdebatan. Jawablah pertanyaan lawan debat anda dengan sebaik-baiknya. Menghindari menjawab pertanyaan akan membuat perdebatan semakin memburuk. Orang juga memiliki kecenderungan untuk diam atau pergi menghindar ketika berdebat. Hal ini juga harus dihindari karena hanya akan membuat situasi semakin memburuk. Dalam perdebatan, orang juga sering membawa permasalahan lama dan perdebatan lama. Hindari hal ini karena hanya akan membuat permasalahan semakin rumit. Siaplah untuk kompromi dalam setiap saat dan terima dengan lapang dada bahwa anda tidak selamanya benar. Satu cara untuk mengatasi perdebatan sebelum dimulai adalah dengan tidak mengatakan sesuatu yang tidak anda inginkan. Katakan bahwa saya mungkin salah atau benar dalam perdebatan adalah satu cara yang positif dalam menangani perdebatan.

So berfikir sebelum berbicara lebih baik broo, daripada lantang tapi tanpa makna, keep woles ya gan :) @baymuzaqir

0 komentar:

Posting Komentar

 
;